Menu

Mode Gelap
 

Uncategorized · 28 Mar 2023 20:24 WIB ·

Jalur Masuk dan Jurusan Kuliah atau Program Studi Unpad Jenjang Sarjana dan Sarjana terapan


 Photo : ww.unpad.ac.id Perbesar

Photo : ww.unpad.ac.id

Hai Newers ! Balik lagi sama Anima Edu di sini. Siapa yang lagi deg-degan nungguin pengumuman SNBP ? Atau ada yang lagi ga sabar buat daftar SNBT karena tidak bisa ikut SNBP ? Tenang, pada kesempatan kali ini kita akan membahas Jurusan Kuliah Unpad atau Program Studi di Universitas Padjadjaran untuk jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan nih. 

Jurusan Kuliah atau Program Studi Universitas Padjadjaran

Photo : dokumentasi www.unpad.ac.id

Selain membahas Program Studi atau Jurusan Kuliah Unpad, Anima Edu juga bakal membahas sekilas terkait profile Kampus Unpad dan daya tampunya nih. Buat kamu yang masih binggung nanti SNBT mau ke kampus mana atau jurusan apa, semoga informasi ini dapat membantu. Yuk check it out !

Profile Singkat Unpad

Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia. Unpad didirikan pada tanggal 11 September 1957 di Bandung oleh pemerintah Republik Indonesia dengan nama Universitas Padjadjaran. Pada tahun 1960, Unpad resmi menjadi perguruan tinggi negeri.

Unpad memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Jatinangor dan Kampus Dipati Ukur. Kampus Jatinangor terletak di Kabupaten Sumedang, sedangkan Kampus Dipati Ukur terletak di Kota Bandung. Unpad memiliki 16 fakultas, 70 program studi, dan 18 pusat penelitian yang tersebar di kedua kampus.

Komitmen dan Perkembangan Unpad

Unpad memiliki komitmen untuk menjadi universitas terkemuka di Asia Tenggara dengan visi menjadi pusat keunggulan akademik, kreativitas, dan inovasi dalam menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia. Kampus ini juga memiliki misi untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing tinggi, serta berakhlakul karimah melalui pengembangan pendidikan yang berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, Universitas Padjadjaran memiliki banyak prestasi dan penghargaan di tingkat nasional dan internasional. Beberapa prestasi yang telah diraih antara lain meraih akreditasi internasional dari The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), meraih peringkat 3 dalam Webometrics Ranking of World Universities 2021, dan masuk dalam peringkat 801-1000 dalam QS World University Rankings 2022.

Unpad juga memiliki program-program yang inovatif dan berorientasi masa depan. Salah satunya adalah Program Cita Citarum, yang bertujuan untuk memulihkan dan menjaga keberlangsungan Sungai Citarum sebagai sumber air yang penting bagi hidup masyarakat di Jawa Barat. Selain itu, Unpad juga memiliki program Go Green untuk mendorong kelestarian lingkungan hidup dan pendidikan entrepreneurship untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Dalam menghadapi tantangan masa depan, Unpad terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Unpad juga terus menjalin kerjasama dengan universitas dan institusi lainnya di dalam dan luar negeri untuk memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman akademik mahasiswa dan dosen. Dengan profil yang kuat dan inovatif, Unpad siap menjadi kontributor utama bagi kemajuan bangsa dan dunia.

Jalur Masuk Jurusan Kuliah Unpad (Universitas Padjadjaran)

Newers udah tahu untuk menjadi mahasiswa Unpad terdapat berapa jalur ? Nah sebelum membahas terkait Jurusan Unpad, bagi kamu yang belum tahu terkait jalur menjadi mahasiswa unpad, bisa cek informasi berikut:

1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)

Sebagaimana yang Newers sudah tahu, bahwa jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan dengan kebijakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Bru (SNPMB) terdiri dari SNBP dan SNBT. Unpad sebagai salah satu PTN tentunya termasuk kepada universitas yang menerima mahasiswanya melalui skema tersebut. SNBP hanya dapat diikuti oleh siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah yang akan lulus pada tahun itu.

Pertama siswa yang sudah eligible membuat akun SNPMB. Kemudian mereka mendaftar di akun yang sama untuk mengikuti SNBP pada tanggal 14-28 Februari 2023. Setiap siswa hanya dapat memilih maksimal 2 program studi atau Jurusan Kuliah. Dan perlu dicatat, panitia SNPMB pada jalur ini tidak memungut biaya sepeser pun atau gratis yah Newers. Untuk pengumuman hasil seleksi SNBP akan disampaikan pada 28 Maret 2023. Info lainnya dapat dicek di snpmb.bppp.kemendikbud.go.id.

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Jalur kedua masuk menjadi mahasisa Unpad yang masih termasuk skema SNPMB adalah SNBT. Jalur masuk ini dapat diikuti oleh siswa SMA sederajat serta paket C yang akan lulus pada tahun diselenggarakannya SNBT sampai dua tahun setelah kelulusan. Artinya calon peserta yang dapat mendaftar jalur ini adalah lulusan tahun 2023, 2022, dan 2021. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa usia maksimal mendaftar adalah 25 tahun per 1 Juli 2023.

Tes yang dimaksud adalah peserta SNBT wajib mengikuti proses Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023. Bagi mereka yang tidak mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- . Sedangkan bagi yang mendaftar KIP-K tidak dipungut biaya tes. Sama seperti SNBP, SNBT pun hanya mengizinkan pesertanya memilih 2 program studi atau Jurusan Kuliah.

Selain batas maksimal pemilihan prodi, langkah awal untuk menjadi peserta jalur ini pun sama, yaitu dengan membuat akun SNPMB 2023 terlebih dahulu. Peserta SNBT dapat mendaftar akun SNPMB pada tanggal 16 Februari-3 Maret 2023 dan dapat mendaftar sebagai peserta SNBT pada tanggal 23 Maret-14 April 2023. Bagi Newers yang sudah memiliki akun SNPMB karena terdaftar sebagai peserta SNBP dan akan mengikuti SNBT karena tidak lolos jalur sebelumnya, maka tidak perlu membuat akun lagi. Pengumuman bagi peserta yang mengikuti jalur SNBT terkait hasil akan disampaikan pada 20 Juni 2023.

3. Seleksi Masuk Unpad (SMUP) Jalur Nilai  Ujian

SMUP sendiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan langsung oleh pihak Unpad. Jalur ini dapat diikuti oleh seluruh warga Indonesia lulusan SMA sederajat yang lulus tahun 2021, 2022, dan 2023. Seleksi ini diperkirakan akan dibuka dari bulan Februari sampai 26 Juni 2023. Terdapat 2 skema seleksi yang berlaku di Seleksi Masuk Unpad Jalur Nilai Ujian. Adapun kedua skema itu dilandasi penilaian hasil nilai SNBT 2023 dan hasil nilai dari ujian SMUP 2023 itu sendiri.

Sama seperti SNBT, jalur SMUP ini dikenakan biaya bagi mereka yang tidak mendaftar KIP-K. Hanya saja biaya yang diberlakukan berbeda antara kedua skema. Skema dengan menggunakan nilai SNBT dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,-. Sedangkan skema dengan nilai ujian SMUP 2023 diharuskan peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,-.

Agar lebih jelas Newers dapat memperhatikan ketentuan berikut:

  • Seleksi berdasarkan nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023
  • Harus memilih salah satu skema seleksi saja: 1) menggunakan nilai SNBT/UTBK 2023, atau 2) menggunakan nilai SMUP (bagi siswa lulusan 2021, 2022, 2023)
  • Harus punya nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023
  • Materi ujian SMUP berupa Tes Kemampuan Belajar (TKB) online yang sepadan dengan ujian SNBT
  • Memilih maksimal 2 prodi sesuai minat, boleh saintek, soshum, maupun campuran keduanya
  • Daya tampung 30%-40% dari total daya tampung prodi
    Kriteria kelulusan berdasarkan nilai tertinggi SNBT/ UTBK atau nilai SMUP sesuai kuota daya tampung
  • Ujian dilaksanakan secara daring (online), dapat diikuti dari rumah masing-masing, pada 8-10 Juli 2023, pengumuman hasil penerimaan pada 21 Juli 2023

Selain SMUP jalur nilai ujian, Unpad memiliki SMUP dengan jalur lainnya. Jalur-jalur tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

4. SMUP S1 Jalur Prestasi

Setelah kita membahas melalui jalur nilai ujian, pembahasan selanutnya adalah SMUP jalur prestasi. Di antara kategori jalur prestasi yang dibuka adalah prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni. Jalur ini akan dibuka dari Februari- 1 Juni 2023 yang ditujukan untuk lulusan SMA, MA, SMK tahun 2023. Terdapat biaya yang mesti dikeluarkan bagi calon mahasiswa yang mendaftar jalur ini. Biaya pendaftaran jalur prestasi ini sebesar Rp 250.000.

Adapun penilaian SMUP jalur prestasi ini didasarkan pada kriteria penilaian yang komponen utamanya adalah skor prestasi atau penghargaan. Selain itu, komponen penilaian ditambah juga dengan nilai UTBK atau SMUP. Mahasiswa yang diterima melalui SMUP prestasi dialokasikan sebesar 10 persen di seluruh jurusan Unpad.

Persyaratan SMUP Jalur Prestasi

Syarat untuk dapat mengikuti seleksi ini adalah sebagai berikut:

  • WNI lulusan SMA, MA, dan SMK tahun 2023
    Harus memiliki nilai SNBT/UTBk 2023 atau nilai SMUP 2023
  • Memiliki nilai rapor semester 1-5 bagi SMA/MA/SMK
    Khusus pendaftar prestasi sains wajib merupakan siswa 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1-5, ditunjukkan dengan rapor asli
  • Pendaftar kluster seni bidang orkestra, seni musik, paduan suara, dan seni suara harus dapat membaca partiture dengan menunjukkan sertifikat asli.
  • Memiliki salah satu prestasi:
  1. Minimal juara 3 di kompetisi seni, budaya, sains, olahraga dan kompetisi lain yang diselenggarakan Kemendikbudristek
  2. Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional, atau internasional, meliputi bidang matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi
  3. Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional
    Olimpiade penelitian siswa Indonesia
    Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI)
  4. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI)
    National Schools Debating Championship (NSDC)
    Kompetisi Olahraga Siswa Nasional
  5. Juara 1 di bidang seni dan olahraga di tingkat provinsi dan atau minimal juara 3 dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional resmi yang diselenggarakan pemda, pemerintah pusat, atau lembaga internasional bereputasi.
  6. Prestasi penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya.
  • Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di UKM.
  • Menyerahkan dokumen atau video portofolio kegiatan/prestasi.

Buat Newers yang memiliki prestasi sesuai kriteria di atas, boleh banget coba bergabung menjadi mahasiswa Unpad melalui jalur ini.

5. SMUP S1 Jalur Kelas Internasional (IUP)

SMUP Unpad dengan kategori internasional ini dilaksanakan dengan beberapa teknis. Unpad memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk kuliah di kampus mitra luar negeri selama beberapa bulan. Yangmana aktivitas kuliah yang dilalui berstandar internasional.

Untuk program studi atau Jurusan Kuliah yang dapat dipilih melalui jalur IUP ini diantaranya Accounting, Management, Economics, Dentistry, dan Pharmacy. Unpad menargetkan sekitar 10%-20% dari keseluruhan daya tampung S1 pada program studi tersebut.

Kompenen yang menjadi penilaian seleksi jalur ini menggunakan nilai UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023 dan skor serifikat kecakapan atau kemampuan bahasa Inggris yang diakui. Rapor akan dijadikan komponen pertimbangan penilaian pada beberapa kondisi tertentu. Adapun pendaftaran jalur ini diperkirakan dari Februari sampai 30 Juni 2023. Sedangkan hasil dari SMUP IUP diperirakan diumumkan pada tangal 21 Juli 2023.

6. SMUP Sarjana Terapan (D4) Jalur Nilai Ujian

Pada dasarnya SMUP jalur ini sama seperti SMUP S1 Unpad. Jalur ini khusus untuk calon mahasiswa yang berminat untuk menjadi mahasiswa Unpad pada Program Studi atau Jurusan Unpad jenjang sarjana terapan atau D4. Penduduk Indonesia lulusan SMA sederajat dan Paket C dengan usia masimal 25 tahun dapat mengikuti seleksi SMUP D4 Jalur Nilai Ujian. Untuk skemanya sama seperti SMUP S1 yaitu terdapat 2 skema seleksi. Skema pertama adalah nilai UTBK dan skema kedua menggunakan nilai SMUP 2023.

Perbedaan yang menonjol adalah maksimal pemilihan Program Studi atau Jurusan Kuliah dibatasi pada  prodi jenjang sarjana terapan. Prodi yang dipilih dapat berasal dari rumpun ilmu yang sama atau berbeda sekali pun. Adapun biaya pendaftaran jalur seleksi ini adalah Rp 100.000,- untuk skema 1 dan Rp 150.000,- untuk skema 2. Agar lebih jelas Newers dapat mencari informasi lebih lanjut pada halaman smup.unpad.ac.id.

Jurusan Kuliah atau Program Studi Unpad dan Daya Tampung

Setelah mengetahui jalur-jalur yang bisa ditempuh Newers untuk menjadi mahasiswa Unpad, selanjutnya kita akan membahas Jurusan kuliah apa saja yang tersedia di Universitas Padjadjaran. Yuk simak dafatarnya sebagai berikut:

JURUSAN KULIAH UNPAD JENJANG SARJANA / S1

Jurusan Kuliah Unpad Sains dan Teknologi (Saintek)

Fakultas Kedokteran

1. Pendidikan Dokter : 130 Mahasiswa

2. Kedokteran Hewan : 40 Mahasiswa

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1. Matematika : 60 Mahasiswa

2. Kimia : 60 Mahasiswa

3. Fisika : 48 Mahasiswa

4. Biologi : 72 Mahasiswa

5. Statistika : 55 Mahasiswa

6. Geofisika : 33 Mahasiswa

7. Teknik Informatika : 60 Mahasiswa

8. Teknik Elektro : 36 Mahasiswa

9. Ilmu Aktuaria : 28 Mahasiswa

Fakultas Pertanian

1. Agroteknologi : 259 Mahasiswa

2. Agribisnis : 103 Mahasiswa

Fakultas Kedokteran Gigi

1. Pendidikan Dokter Gigi : 70 Mahasiswa

Fakultas Peternakan

1. Ilmu Peternakan : 254 Mahasiswa

2. Peternakan PSDKU Pangandaran : 28 Mahasiswa

Fakultas Perikanan

1. Perikanan : 108 Mahasiswa

2. Ilmu Kelautan : 59 Mahasiswa

3. Perikanan PSDKU Pangandaran : 30 Mahasiswa

Fakultas Keperawatan

1. Ilmu Keperawatan : 139 Mahasiswa

2. Keperawatan PSDKU Pangandaran 34 Mahasiswa

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

1. Teknologi Pangan : 109 Mahasiswa

2.Teknik Pertanian : 88 Mahasiswa

Fakultas Farmasi

1. Farmasi : 129 Mahasiswa

Fakultas Teknik Geologi

1. Teknik Geologi : 99 Mahasiswa

Fakultas Psikologi

1. Psikologi : 122 Mahasiswa

Jurusan Kuliah Unpad Rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum)

Fakultas Hukum

1. Ilmu Hukum : 323 Mahasiswa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

1. Akuntansi : 81 Mahasiswa

2. Ilmu Ekonomi : 77 Mahasiswa

3. Manajemen : 75 Mahasiswa

4. Ekonomi Islam : 66 Mahasiswa

5. Bisnis Digital : 42 Mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

1. Administrasi Publik : 51 Mahasiswa

2. Ilmu Hubungan Internasional : 84 Mahasiswa

3. Ilmu Kesejahteraan Sosial : 44 Mahasiswa

4. Ilmu Pemerintahan : 48 Mahasiswa

5. Antropologi : 29 Mahasiswa

6. Ilmu Administrasi Bisnis : 66 Mahasiswa

7. Sosiologi : 28 Mahasiswa

8. Ilmu Politik : 35 Mahasiswa

9. Administrasi Bisnis PSDKU : 13 Mahasiswa

Fakultas Ilmu Budaya

1. Sastra Indonesia : 79 Mahasiswa

2. Sastra Sunda : 62 Mahasiswa

3. Ilmu Sejarah : 90 Mahasiswa

4. Sastra Inggris : 76 Mahasiswa

5. Sastra Prancis : 46 Mahasiswa

6. Sastra Jepang : 72 Mahasiswa

7. Sastra Rusia : 37 Mahasiswa

8. Sastra Jerman : 29 Mahasiswa

9. Sastra Arab : 83 Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komunikasi

1. Ilmu Komunikasi : 50 Mahasiswa

2. Ilmu Perpustakaan : 50 Mahasiswa

3. Hubungan Masyarakat : 50 Mahasiswa

4. Manajemen Komunikasi : 50 Mahasiswa

5. Jurnalistik : 55 Mahasiswa

6. Televisi dan Film : 49 Mahasiswa

7. Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran : 25 Mahasiswa

JURUSAN KULIAH UNPAD JENJANG SARJANA TERAPAN / D4

Jurusan Kuliah Unpad D4 Sosial Humaniora dan Sains Teknologi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

1. Akutansi Perpajakan : 90 Mahasiswa

2. Akutansi Sektor Publik : 120 Mahasiswa

3. Bisnis Internasional : 90 Mahasiswa

4. Pemasaran Digital : 80 Mahasiswa

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1. Teknologi Industri Kimia : 50 Mahasiswa

Fakultas Pertanian

1. Agrotekno-preneur : 70 Mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

1. Administrasi Keuangan Publik : 60 Mahasiswa

2. Administrasi Pemerintahan : 50 Mahasiswa

3. Bisnis Logistik : 50 Mahasiswa

4. Kearsipan Digital : 30 Mahasiswa

Fakultas Ilmu Budaya

1. Bahasa dan Budaya Tiongkok

Fakultas Ilmu Komunikasi

1. Manajemen Produksi Media : 100 Mahasiswa

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

1. Pariwisata Bahari : 40 Mahasiswa

Demikian Newers jalur masuk dan jurusan Unpad atau program studi di Universitas Padjadjaran. Jangan lupa untuk membaca juga artikel terkiat Jurusan Kuliah atau Program Studi di Universitas Gadjah Mada

Artikel ini telah dibaca 110 kali

Baca Lainnya

Konsep Insan Madani

3 Agustus 2023 - 12:22 WIB

konsep insan madani

Prinsip Komunikasi Keluarga

20 Juli 2023 - 15:50 WIB

komunikasi keluarga

Mengintegrasikan Pembelajaran Bermain dalam Pendidikan Keluarga

17 Juli 2023 - 14:46 WIB

pembelajaran bermain

Peran Saudara Tua dalam Pendidikan Keluarga

15 Juli 2023 - 20:50 WIB

peran saudara tua

Membangun Lingkungan Belajar yang Mendukung di Rumah

15 Juli 2023 - 20:04 WIB

membangun lingkungan belajar

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

15 Juli 2023 - 19:03 WIB

peran orang tua
Trending di Uncategorized