Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan · 13 Jul 2023 18:54 WIB ·

Manfaat Penerapan Pendekatan Andragogi


 Foto : www.gramedia.com Perbesar

Foto : www.gramedia.com

Pengenalan pendekatan andragogi

Pendekatan andragogi adalah metode pembelajaran yang dirancang khusus untuk orang dewasa. Pendekatan ini mengakui bahwa pembelajaran orang dewasa berbeda dengan pembelajaran anak-anak. Malcolm Knowles, seorang ahli pendidikan, mengidentifikasi karakteristik khusus dari pembelajaran orang dewasa, seperti otonomi, pengalaman hidup yang kaya, dan motivasi intrinsik yang kuat. Penerapan pendekatan andragogi memungkinkan orang dewasa belajar secara efektif dengan mempertimbangkan keunikan mereka.

Karakteristik pembelajaran orang dewasa

Sebelum membahas manfaat penerapan pendekatan andragogi, penting untuk memahami karakteristik pembelajaran orang dewasa. Berikut adalah beberapa karakteristik utama yang membedakan pembelajaran orang dewasa dari pembelajaran anak-anak:

  1. Otonomi: Orang dewasa memiliki otonomi dalam pengambilan keputusan pembelajaran mereka sendiri. Mereka ingin memiliki kendali atas apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka belajar.
  2. Pengalaman hidup: Orang dewasa memiliki pengalaman hidup yang beragam dan pengetahuan yang telah mereka peroleh sepanjang hidup mereka. Pengalaman ini dapat menjadi sumber daya berharga dalam proses pembelajaran.
  3. Motivasi intrinsik: Orang dewasa cenderung memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk belajar. Mereka memiliki tujuan dan kepentingan pribadi yang mendorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
  4. Orientasi pada masalah: Orang dewasa cenderung fokus pada pemecahan masalah nyata dalam pembelajaran. Mereka ingin belajar sesuatu yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga !!

Peran Andragogi dalam Pendidikan Orang Dewasa

Manfaat penerapan pendekatan andragogi

Penerapan pendekatan andragogi dalam pendidikan orang dewasa memiliki beberapa manfaat signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dengan menerapkan pendekatan ini:

1. Fleksibilitas dalam pembelajaran

Pendekatan andragogi memungkinkan fleksibilitas dalam pembelajaran. Orang dewasa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan keterlibatan mereka. Mereka dapat memilih waktu, tempat, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu mereka.

2. Motivasi yang lebih tinggi

Dengan mempertimbangkan kepentingan dan motivasi intrinsik orang dewasa, pendekatan andragogi dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Orang dewasa merasa lebih termotivasi ketika mereka melihat relevansi dan manfaat langsung dari pembelajaran yang mereka lakukan.

3. Pengalaman dan pengetahuan yang relevan

Pendekatan andragogi memungkinkan pemanfaatan pengalaman hidup dan pengetahuan yang relevan yang dimiliki oleh orang dewasa. Mereka dapat menghubungkan pembelajaran baru dengan pengalaman sebelumnya, sehingga memperkuat pemahaman dan membangun keterkaitan yang lebih kuat.

4. Partisipasi aktif dalam proses pembelajaran

Dalam pendekatan andragogi, orang dewasa berperan sebagai subjek aktif dalam proses pembelajaran. Mereka diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, kolaborasi, dan refleksi diri. Hal ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan membangun keterlibatan yang lebih tinggi.

5. Fokus pada pemecahan masalah nyata

Pendekatan andragogi menekankan pada penerapan pengetahuan dalam pemecahan masalah nyata. Orang dewasa dapat menghubungkan pembelajaran mereka dengan situasi dunia nyata, sehingga membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Studi kasus: Penerapan pendekatan andragogi dalam program pelatihan profesional

Untuk memberikan pemahaman yang lebih konkrit tentang penerapan pendekatan andragogi, mari kita lihat studi kasus berikut ini:

Sebuah lembaga pelatihan profesional mengadopsi pendekatan andragogi dalam program mereka. Mereka menyediakan fleksibilitas dalam waktu dan tempat pembelajaran, sehingga memungkinkan peserta pelatihan untuk belajar sesuai dengan jadwal mereka. Selain itu, mereka mendorong partisipasi aktif melalui diskusi kelompok dan studi kasus nyata. Hasilnya, peserta pelatihan merasa lebih termotivasi, terlibat secara aktif, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam lingkungan kerja mereka.

Tantangan dan solusi dalam penerapan pendekatan andragogi

Meskipun penerapan pendekatan andragogi memiliki manfaat yang signifikan, ada beberapa tantangan yang dapat muncul. Beberapa tantangan umum termasuk keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan. Namun, tantangan ini dapat diatasi dengan solusi yang tepat, seperti fleksibilitas dalam jadwal pembelajaran, penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, dan pengenalan yang hati-hati terhadap perubahan dalam budaya organisasi.

Kesimpulan

Penerapan pendekatan andragogi dalam pendidikan orang dewasa memiliki manfaat yang signifikan. Pendekatan ini mempertimbangkan karakteristik khusus orang dewasa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang efektif dan relevan. Dengan fleksibilitas dalam pembelajaran, motivasi yang lebih tinggi, pemanfaatan pengalaman dan pengetahuan yang relevan, partisipasi aktif, dan fokus pada pemecahan masalah nyata, pendekatan andragogi dapat meningkatkan hasil pembelajaran orang dewasa.

FAQs

  1. Apa itu pendekatan andragogi?
    • Pendekatan andragogi adalah metode pembelajaran yang berfokus pada pendidikan orang dewasa. Ini mengakui perbedaan karakteristik antara pembelajaran orang dewasa dan pembelajaran anak-anak.
  2. Apa manfaat penerapan pendekatan andragogi?
    • Beberapa manfaat penerapan pendekatan andragogi meliputi fleksibilitas dalam pembelajaran, motivasi yang lebih tinggi, pengalaman dan pengetahuan yang relevan, partisipasi aktif, dan fokus pada pemecahan masalah nyata.
  3. Apa perbedaan antara pembelajaran orang dewasa dan pembelajaran anak-anak?
    • Karakteristik pembelajaran orang dewasa meliputi otonomi, pengalaman hidup yang kaya, motivasi intrinsik yang kuat, dan fokus pada pemecahan masalah nyata.
  4. Bagaimana penerapan pendekatan andragogi dapat membantu dalam pelatihan profesional?
    • Penerapan pendekatan andragogi dalam pelatihan profesional dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan penerapan pengetahuan dalam lingkungan kerja.
  5. Apa tantangan yang mungkin timbul dalam penerapan pendekatan andragogi?
    • Beberapa tantangan yang mungkin timbul termasuk keterbatasan waktu, sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan. Namun, tantangan ini dapat diatasi dengan solusi yang tepat.
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Peningkatan Akhlak Insan Madani

3 Agustus 2023 - 19:24 WIB

peningkatan akhlak insan madani

Peran Keluarga dalam Membentuk Insan Madani

3 Agustus 2023 - 15:25 WIB

peran keluarga dalam membentuk insan madani

Peran Pendidikan dalam Membentuk Insan Madani

3 Agustus 2023 - 15:06 WIB

peran pendidikan madani

Peran pemimpin madani

3 Agustus 2023 - 14:50 WIB

peran pemimpin insan madani

Ciri-Ciri Insan Madani

3 Agustus 2023 - 14:19 WIB

ciri - ciri insan madani

Konsep Insan Madani

3 Agustus 2023 - 12:22 WIB

konsep insan madani
Trending di Pendidikan