Menu

Mode Gelap
 

Buzz · 20 Mar 2023 12:47 WIB ·

Diet Tanpa Ribet, Intermittent Fasting Jadwal Lengkap Penerapan Bagi Pemula Agar Hidup Lebih Sehat


 Diet Tanpa Ribet, Intermittent Fasting Jadwal Lengkap Penerapan Bagi Pemula Agar Hidup Lebih Sehat Perbesar

Halo Newers yang lagi bersemangat untuk untuk hidup lebih sehat ! Kembali lagi bersama Health Anima yang tentunya sama bersemangat untuk menemani perjalanan kamu mengapai hidup yang berkualitas jiwa raga. Pada kesempatan kali ini pembahasan yang sedang hangat-hangatnya di kalangan para body builder dan pengitan kesehatan tubuh secara umum yaitu pengertian Intermittent Fasting serta Jadwal lengkap penerapannya bagi pemula.

Intermittent Fasting Jadwal

Sumber Photo: https://www.atkins.com

Yups, metode ini lagi booming karena banyak kalangan yang meyakini ini adalah cara menurunkan berat badan tanpa harus diet ekstrim. Betul ga yah? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak pemaparannya di bawah ini yah !

Pengertian Intermittent Fasting

Intermittent Fasting adalah cara Newers mengatur pola makan agar lebih teratur tanpa harus membatasi makanan apapun. Orang biasa menyebutnya diet puasa tapi lebih tepatnya menurut penulis adalah mengatur jendela makan. Bahkan metode ini memberikan cara yang cukup tepat dan mudah untuk orang kurus serta pemula sekalipun.

Mengatur jendela makan yang dimaksud adalah membatasi kapan harus makan, dan kapan harus berhenti makan. Agar mudah dipahami, metode Intermittent Fasting ini seperti puasa hanya saja tidak termasuk minum air putih. Singkatnya hal ini untuk membiasakan orang lebih teratur dalam waktu makan. Cara menerapkan metode ini yang populer sekarang diantaranya yaitu dengan 16 jam berhenti makan, dan 8 jam nya bebas untuk makan.

Manfaat Intermittent Fasting

Pola makan Newers mungkin sudah tidak sesuai karena seringkali makan diluar waktu makan atau bahkan melewatkan jam makan, tapi dengan Intermittent Fasting semua itu bisa diperbaiki. Metode ini memudahkan dengan bisa diterapkan menyesuaikan waktu yang diinginkan. Apabila diterapkan dengan tepat dan berkesinambungan kamu bisa memiliki waktu luang lebih banyak untuk melakukan hal lain. Tentunya tanpa harus dikejar-kejar oleh jadwal makan yang ketat.

Intermittent Fasting juga membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolestrol. Hal ini dikarenakan tubuh melakukan pembakaran lemak saat tidak ada makanan untuk diolah tubuh. Selain itu teknik ini membuat hormon insulin lebih sensitif sehingga kita pun bisa lebih peka terhadap rasa. Bahkan selera makan pun meningkat.

Tanpa disadari saat makan dan sering kekenyangan juga akan membuat kalian merasa capek dan sesak. Itu disebabkan karena sistem pencernaan bekerja terlalu berat untuk mencerna makanan tersebut. Bayangkanlah kalau sistem pencernaan diberi libur 16 jam per hari kamu akan merasa lebih ringan dalam beraktifitas. Pastinya keadaan itu muncul dikarenakan berkurangnya beban tubuh dalam memproses makanan yang masuk ke tubuh.

Cara Penerapan Jadwal dan Tips Intermittent Fasting

Cara Penerapan Jadwal

Awalnya Newers harus menyesuaikan dengan data aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan waktu makan. Diantaranya seperti di jam berapa kamu biasanya sangat lapar, jam banyak makan, atau jam makan di kantor. Semisal jam 12 saat istirahat makan siang kamu biasa mulai makan, berarti jendela makan kamu dari jam 12 siang sampai jam 8 malam. Ataupun bagi Newers yang tidak bisa meninggalkan sarapan bisa dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore, tidak ada yang salah jam berapapun asalkan 16 jam dari 1 hari kamu hanya boleh minum air mineral. Bagi mereka yang sudah terbiasa bahkan jendela makannya hanya 4 jam dan 20 jam sisanya tanpa makan.

Intermittent Fasting dapat disesuaikan dengan keinginan kalian. Bahkan bila perlu dilatih jadi 12 jam perharinya itu pun bisa membantu. tentunya dengan catatan ada keinginan untuk lebih cepat lagi. Dalam pekerjaannya pun bisa diseling ataupun 4 hari dilakukan dan 3 hari libur perminggunya. Asalkan jangan lebih dari 3 hari untuk libur, karena itu akan menjauhkanmu dari konsisten. Dan sebisa mungkin tingkatkan sampai bisa setiap hari dan libur di hari penting saja.

Tips Lanjutan

Nah, selain tips jadwal di atas Health Anima kasih tips lainnya nih:

  • Perbanyaklah minum air putih agar tetap terhidrasi agar tubuh lebih merasa nyaman.
  • Saat berpuasa mindset-kan diri kamu untuk lebih kuat menahan rasa lapar. Biasanya lapar yang terasa dan perut yang bersuara adalah waktu untuk tubuh membakar lemak berlebih.
  • Saat kamu tidak di waktu makan dan tiba-tiba sangat lemas dan pandangan mulai kabur, padahal sudah cukup atau bahkan lebih minum air putih dan sudah terhidrasi, lebih baik batalkan dulu dan segeralah makan. Hal itu biasanya disebabkan asupan makanan kamu yang kurang akan protein. Saat jendela makan lebih baik kamu lebih banyak mengonsumsi protein. Protein ini didapatan baik dari hewani seperti ayam, telur, sapi, dll. atau nabati seperti kacang kacangan, sayuran, dan lain-lain. Nasi dianjurkan secukupnya, sekitar 3 kepal tangan kalian masing masing perhari. Walaupun sebenarnya bebas, tapi berusahalah untuk mengontrol itu. Kurangi juga gula agar kabohidrat dari nasi saat menjadi gula terbakar sesuai perharinya. Perlu kamu ketahui, jika gula tidak jadi tenaga, dia pun akan menjadi lemak dan menempel ditubuh.
  • Sesuaikan dengan pekerjaan keseharianmu. Akan lebih baik jika pekerjaan keseharianmu banyak menggunakan fisik, maka kamu tidak usah risau dengan terlalu banyak memakan karbo, gula dan lemak. Jika kamu punya waktu, lebih baik lagi olahraga sebelum jendela makanmu terbuka agar pembakaran lemak lebih optimal.

Agar menambah wawasan Newers jangan lupa baca juga tentang tips dan informasi Pola Hidup Sehat di website portal kami. 

Efek Setelah Menjalani Intermittent Fasting

Jika Newers sudah terbiasa mengatur jendela makan, dan bahkan menyesuakan porsi makan, seiring berjalannya waktu kamu pasti mulai paham dengan sinyal-sinyal dari tubuh. Sinyal yang menunjukan kapan waktunya kamu makan, seberapa banyak kamu harus makan, dan seberapa banyak aktivitas fisik yang harus kamu lakukan. Pada saat kamu makan tidak sesuai kebiasaan yang terbangun melalui Intermittent Fasting ini, kamu akan mengetahui apa yang harus dilakukan. Termasuk suatu waktu makan kekenyangan dan atau kurang aktivitas fisik, kamu akan mudah menyesuaikan. Tentunya hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh merasa cukup sehat kembali.

Demikian sekilas artikel Pengertian Intermittent Fasting Lengkap dengan Tips dan Jadwal Bagi Pemula yang penulis kira akan sangat mudah dipahami khususnya buat Newers yang baru mau memulai pola hidup sehat yang simple dan tidak mengikat
terlalu ketat. Oh iya bagi Newers yang membutuhkan produk daging sapi yang terpercaya halal, berpengalaman, dan langsung pelaku yang memiliki rumah potong hewan dapat klik Sentosa Jaya Meat Daging Sapi Bandung.

Penulis : Tsani N. Alam

Artikel ini telah dibaca 344 kali

Avatar badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Diet Tinggi Protein Daging Sapi: Panduan Lengkap untuk Kesehatan Optimal

9 September 2023 - 22:58 WIB

Diet Protein Daging Sapi

20 Cara Mengembangkan Hobi dan Minat Anak Muda

3 Juni 2023 - 20:11 WIB

Mengembangkan Minat dan Bakat

Cara Mengatasi Stres pada Anak Muda: Tips untuk Menghadapi Tantangan Hidup

3 Juni 2023 - 16:02 WIB

Mengatasi Stres Anak Muda

Pentingnya Kesehatan Mental pada Anak Muda

3 Juni 2023 - 15:12 WIB

Kesehatan Mental Anak Muda

Meningkatkan Akses Pendidikan untuk Anak Muda

2 Juni 2023 - 19:50 WIB

Akses Pendidikan

Pentingnya Peran Pendidikan bagi Anak Muda

2 Juni 2023 - 18:17 WIB

Peran Pendidikan Anak Muda
Trending di Hubungan