Menu

Mode Gelap
 

Bola & Sports · 28 Mar 2023 13:01 WIB ·

Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah?


 logo piala dunia u23 indonesia Perbesar

logo piala dunia u23 indonesia

Pada awalnya, Indonesia dipilih jadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2021. Akan tetapi, di tahun 2020, FIFA memutuskan untuk batalkan turnamen tersebut dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia.

Satu tahun kemudian, pada tahun 2021, FIFA memutuskan untuk menunda Piala Dunia FIFA U-20 ke tahun 2023. Alasannya adalah untuk memberikan waktu yang cukup bagi seluruh tim dan peserta untuk mempersiapkan diri dan menyelesaikan kualifikasi mereka, serta memberikan waktu yang cukup bagi Indonesia sebagai tuan rumah untuk menyelesaikan persiapan mereka.

Sebagai tambahan, Indonesia juga kehilangan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 karena FIFA menilai bahwa Indonesia belum siap untuk menyelenggarakan acara tersebut. Akhirnya, ada 3 negara yeng mempunyai potensi untuk menggantikan Indonesia menjadi tuan rumah

Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah?

Timnas Indonesia U-20 (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Alasan Pembatalan

Indonesia kehilangan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023 karena FIFA menilai bahwa Indonesia belum memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan ini adalah terkait dengan infrastruktur, fasilitas, dan standar keamanan yang dibutuhkan untuk turnamen sepak bola tingkat dunia seperti Piala Dunia.

Pembatalan ini juga tak lepas oleh karena adanya gelombang penolakan terhadap keikutsertaan negara Israel di Piala Dunia U-20 mendatang. Yang idealnya dihadiri oleh semua peserta saat melakukan drawing, tapi karena penolakan tersebut membuat israel tidak hadir.

Selain itu, ada juga masalah terkait dengan pengorganisasian dan persiapan yang tidak memadai pada saat Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 sebelumnya. Sejumlah stadion dan fasilitas yang dijanjikan untuk dipersiapkan tidak selesai tepat waktu, dan terdapat masalah dengan alokasi dana yang cukup untuk persiapan.

FIFA mengambil keputusan ini setelah melakukan evaluasi dan inspeksi terhadap kemampuan Indonesia untuk menyelenggarakan acara tersebut, dan memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada negara lain yang dinilai lebih siap dan memenuhi kriteria sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023, yaitu Peru, Argentina, Qatar/Arab Saudi, adalah 3 negara yang berpotensi untuk jadi Tuan rumah turnamen tersebut menggantikan Negara Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Avatar badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemain Terbaik Manchester United: Menyingkap Kejayaan di Lapangan Hijau

16 Juni 2023 - 14:29 WIB

pemain terbaik Manchester United

Erling Haaland vs Kylian Mbappé : Pertarungan Antar Bintang Muda yang Membakar Dunia Sepak Bola

24 Mei 2023 - 22:18 WIB

Erling Haaland Kylian Mbappé

Dominasi Manchester City di Premier League dan Ambisi untuk Merajai Sepak Bola Eropa

24 Mei 2023 - 22:09 WIB

Manchester City Premier League

Menilik Sejarah Indonesia Tampil di Piala Dunia: Antara Harapan dan Kenyataan

24 Mei 2023 - 22:02 WIB

Indonesia Piala Dunia

Rodrigo De Paul: Sang Bodyguard Messi yang Mengesankan di Lapangan Hijau

24 Mei 2023 - 21:55 WIB

Rodrigo De Paul Argentina

Julian Alvarez: Si Spiderman dari Argentina yang Menaklukkan Lapangan Hijau

24 Mei 2023 - 21:47 WIB

Julian Alvarez Pemain Argentina
Trending di Bola & Sports